Rabu, 26 Maret 2014

FORMAT DAN BENTUK SURAT





Menurut pola umum dari surat - menyurat. Berikut terdapat sembilan (9) macam bentuk surat, yaitu :
 
1.     Bentuk Lurus Penuh (Full Block Style)
           Bentuk Lurus Penuh (Full Block Style) merupakan bentuk surat dimana Leher Surat, Tubuh Surat, dan Kaki Surat tidak membentuk sebuah paragraph melainkan membentuk sebuah blok penuh dari kiri hingga kanan. Pada bentuk lurus ini, tanggal dan salam penutup juga diketik mulai pasak garis pinggir kiri. Sehingga bentuk surat ini merupakan bentuk yang paling mudah diketik.

Contoh:

Jakarta, 15 Maret 2013
PT. ASRI INDAH SEJAHTERA
Jalan Raya Pakubuwono 9
Jogjakarta


Tuan-tuan yang terhormat,

Menurut pesanan Tuan tanggal 20 Februari 2013 dengan gembira kami kabarkan, bahwa hari ini telah kami kirimkan 15.000, buah porselin merk ”DK” warna biru. Bersama dengan ini kami sampaikan faktur dan daftar pengiriman barang, masing-masing rangkap dua, pelunasan sisa harga barang kami harapkan paling lama tanggal 21 Maret 2013.

Atas perhatian Tuan kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,
PT. KURNIA INDAH


ARUM
DIREKTUR



2.    Bentuk Lurus (Block Style)
           Bentuk Lurus (Block Style atau Modified Block Style) merupakan bentuk surat yang memiliki posisi kanan pada tanggal dan salam penutup. Selain tempat dan tanggal serta salam penutup, nama perusahaan (kantor), nama dan jabatan yang akan menandatangani diketik mulai dari tengah-tengah antara tepi kanan dan tepi kiri kertas.
Contoh :

Jakarta, 25 Maret 2013

Kepada Yth.
Segenap Nasabah Giro
PT BANK BCA
Cabang Pondok Gede

Dengan hormat,

Dengan ini kami beritahukan, bahwa terhitung mulai tanggal 10 Mei 2008, Bank ”BCA” Cabang Sukabumi akan memberikan nama dan alamat penarik pada bagian belakang lembaran cek dan giro bilyet.
Untuk pelaksanaan tersebut permintaan buku cek dan buku giro bilyet baru dapat kami layani satu hari setelah pengajuan permintaan buku cek/giro bilyet baru.

Demikianlah agar diketahui, atas perhatian serta kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT Bank”BCA”



Drs. Suyono
Pimpinan Cabang


3.    Bentuk Setengah Lurus (Semi Block Style)
           Bentuk Setengah Lurus (Semi Block Style) merupakan bentuk surat dimana semua bagian surat, kecuali isi surat, diketiknya sama seperti bentuk lurus.
Contoh:
Surabaya, 27 Maret 2013

Kepada Perusahaan Mesin Offset
Jalan Teuku Cik Di Tiro 15
Semarang

              Dengan hormat,

              Dengan gembira kami kabarkan kepada tuan, bahwa pengiriman 4 buah mesin offet telah kami terima dengan baik pada tanggal 08 April 2013.
Kemudian mulai tanggal 11 April 2013 mesin offset tersebut terus kami coba agar dapat berproduksi.

             Kami atas nama seluruh direksi dan karyawan mengucapkan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tuan dan para pembantu seluruhnya. Dalam waktu singkat kami akan menyampaikan kepada tuan laporan selengkapnya mengenai data-data pengijinan tersebut.

Demikian sekali lagi kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami
Penerbit ”TRIWARSANA”



Harist Cahyo Bintang
Direksi Teknik




1.     Bentuk Lekuk (Indented Style)
           Bentuk Lekuk (Indented Style) merupakan bentuk surat dimana surat yang di tujukan memiliki alinea formasi baris berbentuk tangga turun.
Contoh :
Semarang, 12 April 2013
PT. LESTARI BUMINDO
Jalan Merpati 25
SOLO

             Dengan hormat,

             Dengan sangat menyesal kami kabarkan kepada tuan bahwa pengiriman pupuk urea untuk pesanan tuan menjadi tertunda karena hal-hal yang di luar kekuasaan kami.

Sejak tanggal 5 April 2013 Semarang hujan terus-menerus, dan beberapa tempat milai tergenang air. Demikian juga tempat kami, sehingga disaat tergenang air kendaraan angkutan tidak masuk, pupuk-pupuk tidak dapat dikeluarkan dari gudang, ditambah lagi sebagian gudang kami tergenang air.

             Atas perhatian saudara, terhadap hal tersebut di atas kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami
PT. TJIWI PUPUK


Hadirun Kodir
Direktur













Sumber :


 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Template Design By:
SkinCorner