Senin, 21 Oktober 2013

ETIKA DALAM BISNIS

 

A.    Kriteria dan Prinsip Etika Utilitarianisme sebagai Proses dan Standar




Kriteria dan Prinsip Etika Utilitarianisme 

  • Pertama, MANFAAT
  • Kedua, MANFAAT TERBESAR
  • Ketiga, MANFAAT TERBESAR BAGI SEBANYAK MUNGKIN ORANG


        Bertindaklah sedemikian rupa sehingga tindakanmu itu mendatangkan keuntungan sebesar mungkin bagi sebanyak mungkin orang.  





Nilai  Positif Etika Utilitarianisme 

  • Pertama, Rasionalitas.
  • Kedua, Utilitarianisme sangat menghargai kebebasan setiap pelaku moral.
  • Ketiga, Universalitas.

 
Utilitarianisme sebagai Proses dan sebagai Standar Penilaian

  • Pertama, etika utilitarianisme digunakan sebagai proses untuk mengambil keputusan, kebijaksanaan atau untuk bertindak.
  • Kedua, etika utilitarianisme sebagai standar penilaian bagi tindakan atau kebijaksanaan yang telah dilakukan.



B.    Analisa Keuntungan dan Kerugian



       Dalam Etika Utilitarianisme, manfaat dan kerugian selalu dikaitkan dengan semua orang yang terkait, sehingga analisis keuntungan dan kerugian tidak lagi semata-mata tertuju langsung pada keuntungan bagi perusahaan.

Analisis keuntungan dan kerugian dalam kerangka Etika bisnis:

  • Pertama, keuntungan dan kerugian, cost and benefits, yang dianalisis tidak dipusatkan pada keuntungan dan kerugian perusahaan.
  • Kedua, analisis keuntungan dan kerugian tidak ditempatkan dalam kerangka uang.
  • Ketiga, analisis keuntungan dan kerugian untuk jangka panjang.


      Langkah konkret yang perlu diambil dalam membuat kebijaksanaan bisnis , berkaitan dengan analisis keuntungan dan kerugian : 


1.      Mengumpulkan dan mempertimbangkan alternatif kebijaksanaan dan kegiatan bisnis sebanyak-banyaknya.

2.      Seluruh alternatif pilihan dalam analisis keuntungan dan kerugian, dinilai berdasarkan keuntungan yang menyangkut aspek-aspek moral.

3.      Analisis Neraca keuntungan dan kerugian perlu dipertimbangkan dalam kerangka jangka panjang.


C.    Kelemahan Etika Utilitarianisme



  • Pertama, manfaat merupakan konsep yang begitu luas sehingga dalam kenyataan praktis akan menimbulkan kesulitan yang tidak sedikit.
  • Kedua, etika utilitarisme tidak pernah menganggap serius nilai suatu tindakan pada dirinya sendiri dan hanya memperhatikan nilai suatu tindakan sejauh berkaitan dengan akibatnya.
  • Ketiga, etika utilitarisme tidak pernah menganggap serius kemauan baik seseorang.
  • Keempat, variabel yang dinilai tidak semuanya dapat dikualifikasi.
  • Kelima, seandainya ketiga kriteria dari etika utilitarisme saling bertentangan, maka akan ada kesulitan dlam menentukan proiritas di antara ketiganya.

  • Keenam, etika utilitarisme membenarkan hak kelompok minoritas tertentu dikorbankan demi kepentingan mayoritas.



Sumber :
http://ashur.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/15645/Etika+Utilitarisme+dalam+Bisnis+-+Bab+III.ppt


1 komentar:

  1. keren artikelnya, sangt ilmiah ijin share ya mas untuk artikel bisnis rumahan

    BalasHapus

 

Template Design By:
SkinCorner