Jumat, 05 Oktober 2012

Peranan Bahasa Indonesia di Masa Kini

http://1.bp.blogspot.com/-AUd_P1qGw4g/UD7qNj3BwHI/AAAAAAAAABw/TwffOGSRgmg/s1600/bhasa-indo.jpg

Bahasa merupakan alat komunikasi antar manusia untuk dapat mengemukakan pendapat dengan menggunakan alat ucap manusia. Bahasa berperan penting sebagai identitas suatu bangsa dan negara. Sebagai sarana pembinaan jati diri bangsa, bahasa Indonesia senantiasa di bina dan dipelihara oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Bahasa Indonesia adalah bahasa yang terpenting di negara Republik Indonesia. Mengapa bahasa Indonesia bisa dikatakan terpenting di negara kita? Karena bahasa Indonesia itu bersumber pada sejarah ikrar Sumpah Pemuda 1928 dan pada UUD 1945 kita yang didalamnya tercantum semboyan khusus yang menyatakan bahwa "Bahasa negara ialah Bahasa Indonesia". Di samping itu, masih ada beberapa alasan lain mengapa bahasa Indonesia mendapat perhatian penting di antara beragam bahasa daerah di seluruh nusantara yang masing-masing sangat penting bagi penuturnya sebagai bahasa ibu. Penting tidaknya suatu bahasa dapat didasari sebagai patokan seperti jumlah penuturan, luas penyebaran dan peranannya sebagai sarana ilmu, seni sastra, dan pengungkap budaya.

http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2012/09/1348560119574882003.jpg
Bahasa Indonesia memiliki peran yang dapat menentukan perkembangan kehidupan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan berfungsi sangat efektif sebagai alat komunikasi antar budaya di seluruh Nusantara. Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan Negara Indonesia harus terus di mantapkan dan di terapkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Pada dasarnya peranan bahasa Indonesia dari waktu ke waktu dikatakan tidak mengalami perubahan. Artinya peranan bahasa Indonesia seharusnya berlaku seharusnya berlaku untuk sepanjang masa. Hal yang perlu dikembangkan yaitu memberikan perhatian yang lebih khusus pada peran tertentu sesuai dengan perkembangan iptek dan sebagai sarana pembinaan budaya bangsa dari pengaruh lingkungan luar.  Menurut saya, perkembangan iptek dalam hubungan persatuan dan kesatuan bangsa hendaknya dipusatkan pada bahasa Indonesia berkaitan dengan bahasa asing. Untuk itu, perlunya interaksi antara bahasa Indonesia dengan bahasa asing.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Template Design By:
SkinCorner